THR Yang di Protes


Bagi seorang karyawan, THR merupakan magnet ketika mencari jarum ditumpukkan jerami, pelampung bagi mereka yang goblog berenang, atau toilet pom bensin ketika sedang diujung tanduk. Analogi analogi diatas mempunyai persamaan bahwa THR merupakan penyelamat dikala keadaan genting yang penting.

.

Bagi makhluk hidup dengan kasta sosial sekelas saya, THR merupakan segalagalagalanya. THR ibarat Power Rangers pencipta perdamaian dunia ketika banyak monster yang hilir mudik berdatangan. Untuk itulah saya ini mengetik catatan protes tentang THR demi kepentingan saya rakyat Indonesia tercinta. Muach..

.

Menurut KBBS (Kamus Besar Bahasa Saya): THR atau Tunjangan Hari Raya adalah peristiwa dimana munculnya malaikat yang dengan ikhlas tanpa pamrih memberikan segepok uang atau sejumlah barang yang digunakan untuk memperpanjang hak hidup orang perorang Indonesia hingga Hari Raya terjadi.

Untuk para pekerja biasanya diberikan setelah ia diperbudak selama 3-6 bulan masa tahanan oleh majikan masing masing. Dengan jumlah uang sektar seperempat hingga lebih 1  bulan gaji penuh (untuk masa pengabdian diatas 1 tahun). Untuk barang biasanya diberikan sejenis sembako atau mie atau minuman bersoda kalengan. Kadang juga barang yang religius seperti kopiah, sarung, sejadah, tasbih, tapi belum ada terjadi yang memberikan voucher Umroh.

THR dalam tradisinya biasa diberikan pada H-7 sampai H-14, dan bagi perusahaan yang berkelit biasanya ada yang memberi sampai H+7.

Oke, cukup dengan bagian penjelasan tentang THR. Sekarang kita memasuki sub bahasan Protes.

.

THR muncul dikarenakan adanya hukum sebab akibat dari Hari Raya umat muslim yang disebut Lebaran.  Lebaran ini merupakan Hari besar kedua umat muslim setelah Hari Kiamat. Dan saya mulai merasakan sesuatu yang tidak adil terjadi disini.. Hmmm

.

Indonesia, negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia ini, lantas tidak berarti menjadikan Indonesia sebagai negara Islam. Bahkan ada lebih Dari 5 agama yang diakui secara resmi oleh negara dan beberapa kepercayaan lain, juga beberapa keyakinan tanpa Tuhan maupun tanpa agama. Sebagai yang terbesar, Islam muncul dengan kekuatan toleransinya. .

.

Dikarenakan saya yang belum juga sahur, dan mata yang sudah terlampau panas menunggu unduhan video Green Day yang baru, ada baiknya kita langsung saja ke masalah pokok.

Selain Islam, di Indonesia terdapat 5 kepercayaan lainnya yang diakui negara (CMIIW). Hal ini dibuktikan dengan angka merah yang diberitahukan kalender sebagai Hari libur nasional. 5 kepercayaan lainnya ini pun mempunyai Hari Raya Tahunan sebagai bentuk eksistensi kepercayaan mereka masing masing.

.

Tapi kenapa hanya pada waktu Hari Raya Islam saja kita mendapat THR? Tidakkah Buddha cemburu? Atau Protestan akan protes? Atau Hindu akan terhina? Atau Katolik merasa tidak dianggap? Apakah tidak Konghuchu kembali dianaktirikan?

.

Pada pelaksanaannya, THR hanya terjadi pada Hari Raya Idul Fitri saja. Tanpa terjadi pada Hari Raya agama lain. Merasa tidak adil? Apakah karena kebijakan bahwa Islam agama terbesar di indonesia? Karena mayoritas muslim? Karena saya keren? Karena banyak yang tidak mau bilang WOW?

Matematisnya, jika ada 6 agama resmi yang diakui negara maka seharusnya  fenomena THR pun akan terjadi 6 kali.

“Bukan begitu, Gita Gutawa?”.
Gita Gutawa: “iya aa’.. ”

.

Bagaimana dengan Parcel? Atau Angpao? Menurut saya itu cuma sebentuk hadiah yang tak bisa dijadikan tunjangan ketika Hari Raya terjadi. Apakah negara takut rugi? Atau perusahaan takut bangkrut? Entahlah, setahu saya, seingat yang ustadz saya katakan, zakat tidak akan membuat seseorang jatuh miskin.. dududu…

.

Sekali lagi, ini cuma pendapat saya. Pendapat seorang anak kos yang merindukan surga dunia. Pendapat yang harusnya di dengar sejak Bung Karno menuliskan sila kelima “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Ma’af, opini pribadi.. Semoga ada pencerahan bagi kita semua. Dan jangan ada sidang Ishbat lagi….!

.

woohoo!

.

Quote:

Bersyukurlah kita sudah merdeka dari tahun 1945. Kalo merdekanya baru 2010 kemaren, semboyannya pasti jadi 13h1n3K4 tuN994L 1k4

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Anak Baik

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Nguping Jakarta

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Pandji Pragiwaksono

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Bajingan Yang Bergerak Bersama Waktu

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Kumpulan Misteri Dunia

Kumpulan Artikel Misteri dan Rahasia yang Belum Terpecahkan

Blog misteri enigma

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

%d blogger menyukai ini: