Mudiknya Orang Udik


Iya, maaf judul nya agak provokatif. Itu saya sengajai biar kesalnya saya tersalurkan. Biar saya bisa bilang bodo amat.

Ini tahun ke-4 saya berlebaran di tanah orang, tanah rantau. Padahal tanahnya sama sama saja, coklat.

.

Selalu saja ada fenomena di tiap pelaksanaan mudik . Yang paling sering adalah berubahnya status para pemudik dari anak menjadi buruh menjelang Hari Raya. Biasanya mereka disuruh membuat kue, bersih bersih rumah, ngecat, bakar sate atau bkin ketupat.

.

Fenomena paling mengesalkan adalah dimana terjadinya penyebaran mobil plat “B” dimanapun kau berada. Ini memang benar benar membuat saya dendam. Di daerah manapun saya mampir, seolah olah mobil dengan plat B ini selalu ada mengintai. Seolah olah ada prestise tersendiri dalam memakai plat ini. Orang orang seakan naik harga dirinya memakai plat ini. Makanya, Mobil dengan plat ini sering kali diajak mudik meskipun jaraknya jauh..

.

Berikutnya adalah kue lebaran. Menurut pengalaman saya yang telah lebih dari 20 kali merayakan Lebaran, Kue lebaran selalu sama. Bukan hanya bentuk dan jenisnya saja yang sama dari tahun ke tahun. Tetapi juga dari rumah ke rumah. Misalnya, dirumah Ibu saya masak kue bawang. Sampai dirumah tetangga ketemu lagi kue bawang. Ke nenek kue bawang, ke rumah ipar kue bawang, ke pak RT kue bawang, ke Magelang kue bawang, ke Jogja kue bawang, ke Palembang, ke Jakarta, ke Kalimantan, Bali, Malang, Bengkulu, entahlah di Papua..

.

Minuman Kaleng. Dari tahun 1997, di rumah saya selalu saja ada minuman kaleng. Entah hadiah dari kantor, parcel, THR, apapun makannya, minumnya minuman kaleng!

.

Loudspeaker. Pernah suatu Lebaran saking bosannya kakak saya dengan theme song lebaran, akhirnya memberanikan diri menyetel album Cokelat dengan hits nya Bendera waktu itu. Dengan volume maksimal tentunya. Ini agak bertentangan dengan keinginan Ayah saya, namun apa daya, ia kalah suara.. begitulah demokrasi..

.

Dan masih banyak lagi fenomena mudik lainnya. Tapi, karena kali ini saya tidak mudik, jadi tulisannya sampai disini saja. Bikin saya tambah kesal saja meneruskan tulisan ini.. hufth.

 

.

NB:

Hindari membawa barang yang tidak perlu seperti tangga, lemari es, TV, mesin cuci, kasur, sofa, rak piring . Emang mau pindah rumah.

#tips mudik

Tinggalkan Balasan

Blog Anak Baik

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Nguping Jakarta

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Pandji Pragiwaksono

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Bajingan Yang Bergerak Bersama Waktu

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Kumpulan Misteri Dunia

Kumpulan Artikel Misteri dan Rahasia yang Belum Terpecahkan

Blog misteri enigma

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

