Otak Desember


Karena saya sedang berada dipadang, saya akan membahas tentang kerbau. Kerbau adalah binatang sejenis sapi cuma dari kampung. Mainnya aja dilumpur, ga pernah dikandangin, tapi sering dicap negatif sama orang kota, kumpul kebo lah, dijadikan bahan ejekan juga, dan sering diasumsikan sebagai pemalas. Kasihan.

.

Jadi, ada 2 orang bego yang datang ke Padang. Yang satu orang Inggris, yang satu orang Jawa. Karena dua-duanya bego, jadi enak pas dijahilin. Terus saya tanya pendapat mereka tentang daging kerbau. Yang orang Inggris, bilang kalo daging kerbau itu a lot (banyak). Yang orang Jawa juga bilang alot (keras). Karena dua-duanya bego, saya ketawa aja.

.

Salahkah orang-orang ini? Meskipun jawabannya sama-sama “alot”, pemahaman keduanya ternyata berbeda. Saya menganalogikan kasus diatas sebagai bentuk kejadian dalam keseharian kita.

.

Ketika dua orang berdebat, keduanya menyakini apa yang mereka pahamilah yang benar. Mereka bersikeras bahwa pemahaman mereka yang paling benar. Dan tidak akan berhenti sampai salah satu dari mereka mengalah. Mengalah berarti kalah, kalah berarti kehilangan harga diri. Bukan begitu, kita?

.

Kenyataannya, dua orang bego diatas tidaklah salah, cuma mereka tidak sepenuhnya benar. Ibarat cerita 3 orang buta yang mencoba mengenal Gajah. Keduanya hanya belum dipertemukan titik tengah. Atau bisa jadi daging kerbau memang banyak yang keras, atau kerasnya lebih banyak.. Entahlah, saya belum pernah makan daging kerbau.

.

Perbedaan pemahaman yang didasari keyakinan masing-masing sering membuat kita menutup kemungkinan yang lainnya. Yang pada akhirnya mempersempit dunia kita sendiri. Karena benar bagi kita, selalu berbeda dengan benar dari orang lain. Pengalaman ikut campur disitu. Maka dari itu, pahamilah secarah objektif. Cari tau mengapa ada alasan lain yang berbeda dengan pemahaman kita.  Tidak lantas menolak mentah-mentah tanpa pengetahuan yang cukup, Sekian.

*Selamat Ulang Tahun, Ibu, Mama, Hatta, Yesus, Isa A.S, AIDS, Juga Kalender.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Anak Baik

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Nguping Jakarta

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Pandji Pragiwaksono

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Bajingan Yang Bergerak Bersama Waktu

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Kumpulan Misteri Dunia

Kumpulan Artikel Misteri dan Rahasia yang Belum Terpecahkan

Blog misteri enigma

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

%d blogger menyukai ini: