Laporan Kota Sementara


Tumbenlah saya hari ini sibuk. Tidak hanya sibuk sekali, tapi sibuknya empat kali.. Dari jam 8 sampai jam 10 saya sibuk mencari kantor-kantor tidak bermutu layaknya kantor pos (bayar air), samsat (bayar pajak motor), XL Center (aktifin kartu yang sakratul maut), bengkel (operasi lampu depan).

Kantor-kantor di atas tentu tidak mudah ditemui, akibat dari sayanya yang buta arah dan baru pertama kali keliling kota sendirian. Untung saya sudah mandi, jadinya kerja saya cepat dan tidak lancar.

Dua dari misi saya di atas mesti ditangguhkan karena alasan-alasan tidak bermutu. Pajak motor gagal karena saya lupa bawa BPKB. Sedangkan XL center gagal karena saya lupa bawa kartunya. LUPA, adalah benar-benar alasan tidak bermutu dalam sebuah misi… Sial.

Tapi dari kejadian di atas, dan berdasarkan pengalaman yang hampir setahun tinggal di sini, saya punya 2 topik pembahasan:

Pertama, Lalu lintas kota padang yang semrawutnya standing applaus. Kalo ada kompetisinya, tidak salah lagi jika saya nominasikan kota padang sebagai kota dengan lalu lintas penguji kesabaran terbaik untuk 10 tahun kedepan. Horeee…

Berbeda dengan Jakarta yang semrawutnya karena macet, kota sempit dengan jumlah kendaraan yang overlimit. Padang semrawut karena kacau. Karena terlalu banyaknya ego dan nyawa. Karena ingin bertemu Tuhan lebih cepat..

Mulai dari angkotnya yang ngetem, berhenti dan ngebut seenak bannya. Serasa jalan moyangnya sendiri. Ada keinginan untuk mecahin itu lampu sein sama spionnya angkot-angkot karena sepertinya tidak digunakan sama sekali… Tapi niat itu saya pendam dulu, saya kumpulkan pelan-pelan biar banyak..

Terus itu truk, bus, dan mobil-mobil besar lainnya. Jalan udah seenak jidat, pake mutar di tengah jalan pula. Dipikirnya jalan raya itu tempat parkir kali ya.. Tukang rusak jalan, tapi ga pernah mau ngaku..

Ada lagi mobil pribadi. Selain ga mau ngalah, mobil pribadi sering kali ngambil jalur motor. Seolah-olah, yang pake jalan raya mobil dia sendirian. Apalagi kalo pas hujan, ini mobil ga ada rasa bersalahnya nutupin jalan buat motor. Di mobil mah santai aja, nggak keujanan kan ya. Ini malah ngebut sejadi-jadinya, lupa ngangkat jemuran kali orangnya, jadi pengen cepat sampai.. Atau, mumpung hujan jadi pengen ketemu istri cepat-cepat ?? Entahlah..

Yang terakhir raja jalanan, MOTOR. Layaknya kota-kota berkembang lainnya, pengendara motor di kota ini diisi oleh anak-anak sd, smp, sampai manula. Jarang pake helm, dan fitur-fitur motor seperti klakson, lampu sein, spion ga pernah dipakai. Hal ini menjadi lengkap dengan jalan raya yang berbentuk pasca-perang dunia, dimana BANYAK lubang dan retakan yang saya asumsikan sebagai bekas granat peninggalan perang VOC. Bener-bener sirkuit Death Race..

Lucunya, semua jenis kendaraan tidak ada yang mau ngalah. Pengen menang aja keliatannya. Entah apa hadiahnya kalo menang. Mungkin tiket VIP langsung bertemu Tuhan, mungkin..

Topik kedua, Pesta. Orang Padang memang suka pesta. Uangnya banyak mungkin. Saya sih senang saja kalo pesta. Yang bikin malas itu kalo pestanya sudah serasa dunia milik yang pesta. Setiap jumat sampai minggu, mau tidak mau, di jalanan kota pasti ketemu panggung pesta pernikanan. Sialnya, panggung tersebut selalu menggunakan badan jalan.

Tidak hanya di jalan raya, tapi di gang-gang, di halaman komplek. Panggung ini biasanya akan menutupi kurang lebih 100 – 500 meter badan jalan. Dan ini terjadi tiap minggu. Selalu ada saja pesta yang bikin jalan tertutup. Kalo emang kaya, apa nggak sebaiknya sewa gedung ketimbang bikin macet weekend ?? Yang di gang-gang atau komplek lebih parah lagi. Pestanya bisa sampai seminggu nutupin jalan. Kalo ngomel bisa jadi duit, mungkin saya akan jadi orang terkaya kedua sekarang.

Terbayang kan sabarnya orang Padang? Makanya, mungkin inilah kenapa Padang menjadi salah satu penyumbang jemaah haji terbanyak. Banyak orang sabarnya yang mau ketemu sama Tuhan.. :v

cari uang itu susah

cari uang itu harus susah, kalo gampang atinya cari masalah..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Anak Baik

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Nguping Jakarta

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Pandji Pragiwaksono

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Bajingan Yang Bergerak Bersama Waktu

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Kumpulan Misteri Dunia

Kumpulan Artikel Misteri dan Rahasia yang Belum Terpecahkan

Blog misteri enigma

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

%d blogger menyukai ini: