Belajar Pusing Menurut Mahzab Cihuy


Terima kasih hari ini buat Isa Al-Masih, yang karena paskahnya saya dapat hari libur yang belum tau mau ngapain.. Terima kasih juga buat ahli astronomi yang juga telah membuat libur hari ini bertepatan dengan hari Jumat dimana seharusnya hari ini saya mengikuti kelas bahasa Jerman yang mana kita ketahui bersama bahasa jerman adalah salah satu dari ke 7 keajaiban dunia.

Bahasa Jerman itu, secara verbal bukanlah sebuah rintangan yang berarti. Namun ketika ia menjelma menjadi sebuah tulisan, maka anggaplah masalah yang datang setara dengan ketika kita mau masak mie goreng namun bumbunya sudah terlanjur tercampur kuah duluan.. INI. MASALAH. BESAR.

Saking dasyatnya, bahasa jerman sering menjadi olok-olokan meme di situs 9gag. Dominannya huruf konsonan, kadang tidak seimbang dengan huruf vokal yang sudah minoritas dalam alfabet itu. Mempelajari bahasa jerman ibarat makan kuaci: lama, ribet, nyampah, banyakan yang dibuang, secara fashion nggak banget, bikin mulut berbusa-busa terus, tapi nggak kenyang.

Pernah saya nonton sebuah acara TV di Inggris tentang menyusun huruf yang diacak (anagram) untuk menjadi sebuah kata bahasa Jerman. Si pembawa acara berkeliling kota memamerkan anagram tersebut mencari orang yang mampu menyusun kata tersebut. Sampai acara selesai, tidak satupun makhluk di Inggris tersebut mampu memecahkan sandi yang terlihat naas itu. Karena apa? Karena eh karena kata yang terdiri dari 16 huruf itu cuma memuat 2 biji huruf vokal. Benar-benar cara memeras otak yang mengerikan. Kalo saya sih, mending disuruh push-up 3 ribu kali di puncak everest ketimbang ikut kuis begituan.

Satu lagi bahasa yang sepertinya bikin saya geleng-geleng ajeb-ajeb itu bahasa jawa kuno. Huruf palawa yang senasib dengan huruf Thailand, India, dan tulisan dokter itu sukses membuat alis mata saya hampir menyatu. Benar-benar siksaan dunia. Ini yang menciptakan huruf begini kayaknya gara-gara depresi nggak bisa ngegambar kereta api. Masalah sehari-hari aja udah berat, ditambah belajar huruf beginian.. Kasian.. Dan saya ikut prihatin untuk mereka yang mempelajari bahasa sansekerta dan sejenisnya. *nunduk pura-pura ikut sedih.

cadas!

cadas!

Yang lainnya, bahasa arab gundul! Masya Allaaah.., ini huruf sepertinya salah minum ramuan sampai jadi botak permanen begini. Sepertinya memang tidak ada niat menciptakan huruf arab gondrong ya.. Apa mereka masih hidup di jaman orde baru ya? masih menganggap yang gondrong-gondrong itu aliran pemberontak? Saya masih mangap-mangap imut kalo ketemu huruf model begini. Selamat beribadah ajalah buat yang mempelajarinya. Saya mah cuma bisa ikut mendoakan agar diberi kesabaran yang tiada berbatas bagi yang mempelajari.. Mata saya sudah sakit, jangan sampai katarak gara-gara baca yang beginian.

nun

Yang terakhir, huruf Cina, Jepang, dan Korea.. Ini adalah seni! Tapi berbentuk air.. Manusia mana lagi yang sempat-sempatnya di masa yang penuh masalah masih sanggup menciptakan siksaan model begini.. Huruf dengan bentuk mirip sayatan-sayatan pedang ini mampu membuat seseorang seperti saya yang seharusnya mampu menciptakan mobil terbang ini berubah menjadi seorang tukang tambal ban.

Orang-orang Asia memang terkenal jenius di kalangan warga dunia. Mungkin gara-gara anggapan tersebut, orang Asia mulai memikirkan sebuah tantangan yang ‘lebih’ untuk mendampingi keseharian hidup mereka. Maka terciptalah huruf yang seperti sandi morse bertumpuk ini. Bahkan, saking kurang puasnya dengan tantangan ini, mereka ciptakan berbagai versi seperti huruf Cina, huruf Korea dan Huruf Jepang yang ditambah lagi saudaranya seperti huruf kanji hiragana katakana dan pusingmaukemana.

Oke, saya memang suka semua hal tentang sejarah dunia. Ditambah lagi, basic saya memang mempelajari budaya. Otak saya pun sudah direset bertahun-tahun untuk mengetahui hal-hal diatas demi ijasah yang agung (*sembah ijasah 3x). Tapi kalau begini caranya, lebih baik saya makan kuaci sambil nunggu pelanggan tambal ban aja. Karena, biar pun nggak kenyang, tapi alis saya masih ada dua! Dan saya juga ikut prihatin kepada malaikat Raqib dan atid yang mendapat tugas di daerah-daerah tersebut… Semoga bawa Tipe-x.

.

kan.. kan.. kan..

kan.. kan.. kan..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Anak Baik

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Nguping Jakarta

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Pandji Pragiwaksono

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Bajingan Yang Bergerak Bersama Waktu

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Kumpulan Misteri Dunia

Kumpulan Artikel Misteri dan Rahasia yang Belum Terpecahkan

Blog misteri enigma

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

%d blogger menyukai ini: