Bukan Biar Pintar, tapi Untuk Tidak Bodoh


Disadarai atau belum, dunia kita diisi dengan orang-orang yang menulis. Ini menarik. Menulis menjadi aktivitas yang tak pernah membosankan dari jaman purba. Tidak pandang profesi atau kasta, adakalanya orang-orang dari kalangan pejabat hingga selebritis, dari politikus sampai ilmuwan, dari anak tukang becak sampai profesor, pengusaha juga atlet, ada saja yang menulis baik biografi ataupun pemikiran mereka..

Yang pejabat menulis untuk mencitra dirinya, yang atlet dengan alasan motivasi atas prestasinya, yang artis untuk menyalurkan idenya, yang ilmuwan menulis untuk kepentingan umat, yang penulis menulis untuk dirinya sendiri.. Sedang saya menulis untuk membuka aib atau sekedar kebodohan terselubung.

Sebagai counter attack peribahasa “gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang”, menulis membuat seseorang tak bakal mati. Ada juga yang bilang menulis adalah pekerjaan untuk memahat keabadian. Menempatkan diri melintasi ruang-waktu. Meskipun bukan idola, tapi saya membenarkan yang dikatakan si Descrates, Aku Menulis Maka Aku Ada..

Sebagai orang sastra yang pendiam lagi alim, saya memandang kegiatan menulis sebagai penyalur ide. Yang meski kadang ide-ide yang saya tawarkan tak berkelas dan terkesan mendustai logika. Ketidakmumpunian saya dalam menulis mengisyaratkan bahwa saya benar-benar membutuhkan banyak pegalaman untuk sekedar matang, bukan ahli. Pengalaman ini tentu saja didapat dengan menulis lebih banyak lagi.

Meskipun hanya menulis sebatas blog, saya termasuk orang yang percaya sebuah tulisan, terlebih karya, akan menjadi salah satu peninggalan yang berharga bagi penghuni masa depan, yang nantinya akan disebut sebagai sejarah. His Story.. (ya, semoga keturunan saya tidak menemukan blog ini nanti).

Bahkan beberapa manusia hebat di negeri ini tetap menulis meskipun dibatasi jeruji besi. Hal ini disebabkan menulis adalah pekerjaan sederhana yang membawa dampak hebat bagi pembacanya. Menulis dapat membuat ide-ide keluar secara matang dibandingkan ketika mulut berbicara (Denger tuh, pak Mario..). Menulis sanggup merefleksikan keadaan jiwa dan mental seseorang. Cerminan pribadi tiap individu mampu terbaca dari gambaran tulisannya.

Sayapun terkadang malu juga (iya, ternyata saya manusia biasa yang bisa malu dan salto) ketika sedang membaca sebuah tulisan yang bagus. Bikin iri dan merasa kalah. Lagipun. sebuah tulisan bagus juga dapat memotivasi saya untuk membuat hal serupa. Sayang otak saya terbatas memori 8 Gb.. Terkadang juga saya merasa bahwa saya bisa membuat sebuah tulisan yang bagus, namun terkendala cara penyampaiannya dan juga Aura Kasih yang jarang kasih semangat. Ah..

Menulis terkadang memang membosankan. Kadang dibaca, kebanyakan tidak. Ya, mbok jangan mikir bagusnya dulu.Namanya juga belajar. Lha, kalo masih nulis status aja masih: “tidur”, “makan”, “panas”, “nangis”, “kayang”, ya ga bakal bisa belajar. Yang baca juga males. Yang tertarik ya paling manusia kepo aja. Buatlah sesuatu yang bermakna dan bisa dicerna umat. Ga harus bagus minimal ada SPOK nya. Itu karena tadi, karakter dan kecerdasan kamu bisa dinilai orang dari apa yang kamu tulis.

Kemudian, ada baiknya orang-orang yang senang copy paste, comot quote sana-sani, ngeshare kalimat-kalimat motivasi, ataupun membagikan puisi-puisi medsos, mulailah berpikir untuk menulis kata-katanya sendiri. Jangan ketergantungan terus. Menulislah apa saja. Karena kamu bukan wartawan yang memberitakan ataupun dermawan yang suka bagi-bagi rezeki. Kalau kamu plagiat terus kata-kata orang nanti kamu bisa dikatain pelacur ilmu. Jangan, ya..

Sudah segitu dulu kuliah dari saya. Semoga tidak tersesat dan ingat jalan pulang. Ingat, menulis itu produk kamu. Daya tahannya bisa sampai ke masa depan. Jangan ngalay juga nulisnya, kasian nanti yang baca kena katarak.

 

# dan apresiasi tertinggi saya berikan kepada penulis kamus yang entah bagaimana caranya bisa sampai ratusan milyar bahkan triliun itu..

.

motive

Tinggalkan Balasan

Blog Anak Baik

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Nguping Jakarta

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Pandji Pragiwaksono

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Bajingan Yang Bergerak Bersama Waktu

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

Kumpulan Misteri Dunia

Kumpulan Artikel Misteri dan Rahasia yang Belum Terpecahkan

Blog misteri enigma

Calon orang kaya. Tetap manis walau badai menghadang,,

